• Berita & Event
  • WIKA Target Pembenahan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Selesai 2017

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

WIKA Target Pembenahan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Selesai 2017

30 Nov -0001

"

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor konstruksi, menargetkan operasional Terminal 3 baru Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada akhir 2017. 

Saat ini, pembenahan Terminal 3 baru tersebut oleh Wijaya Karya selaku pemimpin konsorsium Kawahapejaya yang membangun Terminal 3 ini sudah mencapai 45 persen, per awal Oktober 2016. 

Hal tersebut dipaparkan oleh Suradi, Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, melalui keterangan tertulis ke Kompas.com, Selasa (4/10/2016). 

Menurut dia, perseroan menargetkan pembangunan terminal sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah dan PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni pada kuartal I 2017.

"Progress pembangunan yang sudah dilakukan hingga saat ini meliputi pembangunan terminal domestik, termasuk di dalamnya jalur penghubung menuju terminal, lalu area parkir serta apron," kata Suradi.

Dia menuturkan, sejak awal beroperasi pada 9 Agustus 2016 lalu hingga saat ini, Wijaya Karya mengklaim tidak ada masalah atau kekurangan yang berarti dalam proses penyelesaian pembangunan dan pengoperasian Terminal 3. 

Menurut dia, kalaupun ada masalah seperti genangan yang terjadi pada waktu awal pengoperasian, itu bukan hal yang signifikan. 

"Wajar genangan terjadi karena pada saat itu curah hujan sedang tinggi, sementara ada saluran air yang sempat tertutup, dan genangan yang terjadi bisa segera diatasi," tandas Suradi. (Baca: YLKI: Terminal 3 Banjir, Ini Keteledoran Kontrakor)

Wijaya Karya mengklaim pengerjaan proyek Terminal 3 dengan nilai kontrak Rp 4,7 triliun berjalan baik hingga saat ini.

Perkembangan tersebut tidak lepas dari pengalaman Wijaya Karya membangun sejumlah terminal bandara di Indonesia. Misal di Bali, Balikpapan, dan lain-lain.

Tempat Ibadah

PT Angkasa Pura II, selaku pengelola Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyatakan komitmen untuk memaksimalkan fasilitas ibadah bagi penumpang, khususnya bagi penumpang muslim yang memiliki kewajiban shalat.

Pihak Angkasa Pura II menargetkan Terminal 3 baru akan memiliki total tujuh mushalla. 

Untuk saat ini, di Terminal 3 baru ada empat unit mushalla, yakni dua di area check in, satu di boarding lounge, dan satu di area kedatangan. 

Selain itu, Angkasa Pura II juga menyiapkan ruangan khusus yang mampu menampung jamaah dalam jumlah banyak, untuk melaksanakan shalat Jumat.

Agus Haryadi, Head of Corporate Secretary & Legal Angkasa Pura II menuturkan, saat ini pihaknya masih menggunakan salah satu ruanganofficer in charge (OIC) sebagai salah satu mushalla sementara di areacheck in

"Hal itu sebagai komitmen dari Angkasa Pura II untuk tetap mengutamakan fasilitas bagi pengguna terminal untuk melaksanakan ibadah, meski bangunan terminal belum selesai dibangun seluruhnya," kata dia. 

"