• Berita & Event
  • Ini Strategi agar Penumpang dan Maskapai Terbang dari Bandara Kertajati

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Ini Strategi agar Penumpang dan Maskapai Terbang dari Bandara Kertajati

02 Nov 2018

KERTAJATI - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal Bandara Kertajati mempunyai strategi jitu agar bandara terbesar berskala internasional pasca diresmikannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Mei 2018 ramai penumpang dan maskapai.

Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis PT BIJB Agus Sugeng Widodo mengatakan, sejak pengoperasian Bandara Kertajati sejak 6 bulan lalu, pihaknya menawarkan kepada beberapa maskapai penerbangan dan asosiasi agar penumpang mau naik pesawat dari Bandara Kertajati.

"Sejauh ini Citilink yang terbang, kita juga ada penerbangan umrah langsung. Ada juga maskapai yang mau, tapi malu-malu," katanya di Bandara Kertajati, Jumat (2/4/2018).

Menurutnya, saat ini salah satu masalah Bandara Kertajati adalah konektivitas. Sebab cukup jauh jika masyarakat Bandung ingin terbang dari Bandara Kertajati. Setidaknya harus melewati tol dari Tol Cipularang melewati Tol Palimanan.

"Tapi kita juga ada kerjasama dengan perusahaan transportasi lain seperti Damri. Ini ibarat ayam dan telur," katanya.

Dia menambahkan, untuk memecahkan telur dari permasalahan sepinya Bandara Kertajati adalah memberikan insentif kepada airlines alias bebas biaya pada tahun pertama

"Seperti parking fee. Kesempatan promosi sama-sama bekerja sama. Demikian juga para tenant yang mau masuk, kita diskon sewanya. Kemudian revenue sharingnya kita kurangi," jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan seperti dengan asosiasi seperti ASITA. "Agar penumpang banyak kerjasama juga dengan pemerintah kabupaten bahwa bandara ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Tidak hanya itu, pihak Bandara Kertajati juga membangun event dengan beberapa komunitas agar masyarakat makin tertarik dengan Bandara Kertajati. "Supaya masyarakat tahu. Kadang setiap sore masyarakat banyak hadir untuk foto-foto di sini," ujarnya.

Akan tetapi, jika upaya ini dilakukan dan masalah diselesaikan, maka Bandara ini akan menjadi bandara andalan masyarakat Jawa Barat.

"Kendalanya tol baru juga belum jadi. Selain itu bandara di Bandung belum ditutup. Kalau udah ditutup selesai masalahnya. Bandara ini baru, benar-benar pertama baru dan langsung dibangun sebesar ini. Bukan bandara pindahan. Problem kita masalah sosialisasi," ungkapnya.


Jurnalis: Dani Jumadil Akhir
Sumber: https://economy.okezone.com/read/2018/11/02/320/1972481/ini-strategi-agar-penumpang-dan-maskapai-terbang-dari-bandara-kerjatatihttps://economy.okezone.com/read/2018/11/02/320/1972481/ini-strategi-agar-penumpang-dan-maskapai-terbang-dari-bandara-kerjatati