Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Intip Penampilan Stasiun Kereta Bandara Adi Soemarmo

05 Dec 2018

Merdeka.com - Pembangunan Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo sudah selesai beberapa waktu lalu. Bangunan dua lantai tersebut siap dioperasikan terhubung dengan jalur KA hingga Stasiun Solo Balapan hingga Yogyakarta.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman mengatakan pengoperasian stasiun bandara tersebut masih menunggu pengerjaan lintasan yang dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian.

"Proyek pembangunan stasiun KA Bandara sudah selesai 100 persen. Sudah siap untuk dioperasikan, kita tinggal menunggu perlintasannya," ujar Usman, Rabu (5/12).

Usman menambahkan, sambil menunggu perlintasan, pihaknya masih harus melakukan penyempurnaan dan pemeliharaan hingga 5 bulan kedepan. Terkait pembebasan tanah di lingkungan TNI AU yang ada di kawasan bandara, Usman mengaku tidak menemukan kendala.

"Tidak ada masalah, sudah selesai. Sampai sekarang proses pembangunan tiang pancang sudah dikerjakan," katanya.

Stasiun KA Bandara Adi Sumarmo dibangun sebanyak dua lantai. Pada lantai pertama difungsikan sebagai ruang tunggu, boarding pass, peron, lift dan lainnya. Sedangkan lantai dua, difungsikan untuk keberangkatan KA. Bangunan gedung juga dilengkapi eskalator dan fasilitas untuk difabel.

Dihubungi terpisah, Kasubdit Prasarana Wilayah I, Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Bram Hertasning menyampaikan, progres pembangunan perlintasan KA Bandara Solo, hingga saat ini dianggap masih sesuai track. Proses pembebasan lahan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun ini. Sedangkan untuk pembangunan fisik jalur yang digunakan ditargetkan dapat selesai Maret 2019 mendatang.

"Progresnya masih dalam track. Kita juga membangun ruang tunggu di Stasiun Solo Balapan dan membangun stasiun baru di Kadipiro. Targetnya Mei tahun depan KA Bandara ini sudah dapat dioperasikan. 

Reporter : Arie Sunaryo
Sumber: https://www.merdeka.com/uang/intip-penampilan-stasiun-kereta-bandara-adi-soemarmo.html