• Berita & Event
  • Bandara Soekarno Hatta Meluncurkan Mobile Command Post untuk Keadaan Darurat

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Bandara Soekarno Hatta Meluncurkan Mobile Command Post untuk Keadaan Darurat

19 Nov 2019

Tangerang, Banten (ANTARA) - Bandara Internasional Indonesia Soekarno Hatta pada hari Selasa meluncurkan Mobile Command Post (MCP) yang berfokus pada menawarkan perawatan terintegrasi pusat selama skenario darurat.

Ini adalah bus yang penuh dengan fasilitas terkini yang memenuhi standar peraturan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan peraturan Penerbangan Nasional.

"MCP ini bertujuan untuk dioperasikan sebagai pusat krisis yang berfungsi sebagai pusat komando, komunikasi, dan koordinasi terpadu selama situasi darurat di lapangan, seperti kecelakaan pesawat," Executive General Manager Cabang Komunikasi dan Hukum Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang menginformasikan kepada pers.

Standar Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) mengharuskan bandara, dengan kategori PKP-PK 7 hingga 10, untuk memiliki fasilitas MCP. Karena Bandara Soekarno-Hatta saat ini telah mencapai kategori PKP-PK 9, MCP harus disiapkan.

Dalam skenario darurat, semua anggota awak MCP yang terdiri dari komandan kecelakaan penerbangan, petugas pemadam kebakaran, komandan keamanan, koordinator pusat medis dan transportasi, serta kepala forensik akan datang ke lokasi kecelakaan yang diyakini akan memudahkan proses koordinasi untuk perawatan lebih lanjut.