COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • Sejak Runway 3 Beroperasi, OTP Bandara Soetta Meningkat

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Sejak Runway 3 Beroperasi, OTP Bandara Soetta Meningkat

27 Jan 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menyatakan, sejak runway 3 dioperasikan, On Time Performance (OTP) maskapai yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta meningkat dibandingkan 2018 lalu. Perlu diketahui, landasan ketiga itu pertama kali digunakan pada periode Natal dan Tahun Baru, yakni periode 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

"Itu kita dapat OTP kita sebesar 83 persen dengan 23 ribu pergerakan. Pada 2018, dengan jangka hari sama hanya 79 persen," ujarnya kepada wartawan di Tangerang, Ahad, (26/1).

Ia menekankan pentingnya keberadaan runway 3 di Bandara Soekarno-Hatta. "Pada kondisi tertentu, operasi bandara nggak bisa dihindari, misal ada situasi fisik runway bermasalah, dengan adanya runway 3 nggak ada lagi menghindari risiko tinggi," jelas Awaluddin. 

Manfaat lain, lanjutnya, bila dalam keadaan tertentu operasional Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma ditutup lalu semua penerbangannya dipindah ke Bandara Soetta. "Pada situasi irregularities, misal pada 1 Januari lalu, Bu Dirjen tutup operasional Bandara Halim, semua dipindahkan ke Soetta, kalau hanya operasikan dua runway, ini situasi dimana keberadaan runway tiga menentukan," tegas dia. 

Awaluddin menegaskan, setelah adanya runway 3, kondisi Bandara Soetta lebih aman dari sebelumnya. 
"Kita dituntut faktor safety, ini sangat real. (Selanjutnya) kita perlu banyak sosialisasikan ke mana pun," ujar dia. 

Pada kesempatan tersebut dirinya mengungkapkan, AP II diminta segera menyelesaikan pembangunan terminal empat. "Kami selaku operator bandara berterima kasih atas dukungan Kemenhub dan stakeholder, dalam waktu dekat kami diminta percepatan progres pembangunan terminal empat," ujar Awaluddin.