COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • New Normal, Bandara Soekarno-Hatta Terapkan Tiga Lapis Keamanan

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

New Normal, Bandara Soekarno-Hatta Terapkan Tiga Lapis Keamanan

10 Jul 2020

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II akan menerapkan tiga tingkat keamanan di 19 Bandara yang dikelola Angkasa Pura II di masa tatanan normal baru dunia penerbangan, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, peningkatan keamanan berlapis tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Pertama adalah physical security atau keamanan fisik yang terfokus pada ancaman kriminalitas dan terorisme di Bandara. Baca juga: Ini Fasilitas Baru di Bandara Soetta untuk Terapkan Protokol Kesehatan di Era New Normal.

"Di saat kondisi normal, aspek keamanan bandara fokus melakukan apa yang disebut dengan Physical Security," tutur Awaluddin dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Awaluddin mengatakan, personel di bandara menjaga akses publik dan akses terbatas di bandara, lalu melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang pesawat guna memastikan tidak ada benda berbahaya di pesawat.

Kemudian keamanan tersebut ditingkatkan d fase new normal dengan keamanan yang disebut dengan bio-security.

Awaluddin mengatakan, bandara juga fokus pada Bio-Security guna memastikan adanya jaga jarak atau physcal distancing, pengawasan terhadap kesehatan atau health screening dan menyediakan fasilitas yang dapat berjalan tanpa sentuhan atau touchless.

"Juga memastikan kebersihan dan memastikan kesehatan karyawan," kata Awaluddin.

Kemudian pengamanan ketiga adalah cyber security yang memanfaatkan teknologi untuk memperkuat keamanan data dan integrasi sistem di bandara.

"Sektor penerbangan sangat bergantung pada integrasi berbagai sistem yang kompleks dan perlu dilindungi secara holistik, karena itu kami juga fokus pada cyber security," ujar dia.