COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • Bandara Soekarno-Hatta Jadi Salah Satu Bandara Teraman dari COVID-19

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Bandara Soekarno-Hatta Jadi Salah Satu Bandara Teraman dari COVID-19

17 Sep 2020

Jakarta - Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara di dunia dengan rating tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan dan keamanan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Itu berdasarkan evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer dan diumumkan situs Angkasa Pura II pada Rabu (16/9/2020). Safe Travel Barometer memberikan rating Safe Travel Score hingga 4.09 bagi Soekarno-Hatta.

Rating tertinggi dalam penilaian bandara adalah 5. Sampai saat ini, belum ada bandara di dunia yang berhasil mendapat skor tersebut. Safe Travel Barometer sendiri memiliki database terbesar dan paling komprehensif di dunia mengenai protokol kesehatan dan keamanan terkait COVID-19.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan rating tertinggi Soekarno-Hatta dalam penerapan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 ini sejalan dengan komitmen dan kerja sama seluruh stakeholder.

"Tujuan PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder seperti Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, maskapai, TNI/Polri, Balai Karantina, Kantor Imigrasi, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 dan lainnya adalah Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap beroperasi sebagai pintu gerbang utama negara dan tetap menjaga konektivitas di Tanah Air meski kita kini tengah menghadapi tantangan berat dari pandemi COVID-19," kata kata Awaluddin.

"Komitmen menjalankan protokol secara ketat yang didukung dengan berbagai inovasi berbasis teknologi merupakan salah satu kunci bagi kami agar Soekarno-Hatta dapat selalu mengedepankan aspek kesehatan dan keamanan di tengah pandemi," Awaluddin menjelaskan.

Safe Travel Barometer merilis Safe Travel Score untuk kategori bandara berdasarkan audit independen terhadap lebih dari 200 bandara di dunia. Termasuk, upaya bandara dalam menerapkan langkah guna menjaga kesehatan dan keselamatan traveler.

Poin-poin yang dinilai adalah implementasi dari touchless processing (menghilangkan fasilitas/proses yang membutuhkan sentuhan tangan); pengecekan suhu tubuh; peraturan kewajiban memakai masker; hand sanitizer; adanya kewajiban surat keterangan sehat; keharusan pengetesan COVID-19; adanya aplikasi untuk contact tracing; ditetapkannya waktu minimum untuk check-in; dilakukan disinfeksi di toilet, eskalator, lift, boarding gate; dan penggunaan face shield bagi staf bandara.

12 Langkah di Bandara Soekarno-Hatta

Awaluddin menyebut sejumlah langkah yang sudah dilakukan Soekarno-Hatta bersama stakeholder untuk meminimalkan potensi penyebaran COVID-19 antara lain:

1. Pengecekan suhu tubuh dengan thermal scanner, thermal gun, serta smart helmet
2. Melengkapi personel dengan APD seperti masker, sarung tangan dan face shield
3. Menyediakan banyak hand sanitizer dan wastafel untuk mencuci tangan
4. Mewajibkan penggunaan masker
5. Merumuskan prosedur penanganan pesawat yang diduga mengangkut penumpang terpapar
6. Merumuskan prosedur penanganan bagi pengunjung bandara yang diduga terpapar
7. Memperbanyak fasilitas touchless seperti misalnya di lift dan pemeriksaan penumpang di security check point
8. Menyediakan fasilitas sterilisasi menggunakan UV Sterilizer untuk bagasi penumpang
9. Melakukan disinfeksi secara berkala di setiap area terminal penumpang pesawat
10. Menyediakan fasilitas rapid test di terminal penumpang pesawat dan area bandara
11.. Mewajibkan traveler untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Healt Alert Card/HAC)
12. Melakukan pemeriksaan surat hasil rapid test atau PCR test

Co-Founder and CEO Safe Travel Barometer Virendra Jain mengatakan bandara memiliki peran penting dalam membuat penumpang mudah beradaptasi di dalam masa new normal.

"Mereka [bandara] adalah lini terdepan pertahanan untuk memastikan keamanan dan mengurangi kekhawatiran dalam perjalanan," kata Virendra.

Bandara, lanjut Virendra Jain, harus mengimplementasikan beragam inisiatif untuk memastikan keamanan dan kenyamanan traveler dan kru pesawat, di samping juga meminimalisir potensi penyebaran COVID-19.