• Berita & Event
  • Tinjau Posko Bantuan Korban Banjir Tangerang, Menteri BUMN Bersama Angkasa Pura II Pastikan Bantuan Tersalurkan Ke Seluruh Korban

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Tinjau Posko Bantuan Korban Banjir Tangerang, Menteri BUMN Bersama Angkasa Pura II Pastikan Bantuan Tersalurkan Ke Seluruh Korban

05 Jan 2020

Tangerang - Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi banjir di Kabupaten Tangerang, tepatnya di Kecamatan Teluk Naga. Erick juga memantau kegiatan penyaluran bantuan melalui posko penanganan banjir BUMN yang didirikan oleh Angkasa Pura II, PT INKA, Airnav Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia, dan PT Sarinah.

 

Pada kesempatan ini, Erick menyampaikan bahwa Kementerian BUMN akan berusaha secara maksimal untuk bisa memberikan yang terbaik bagi warga korban terdampak banjir dan dirinya juga berupaya memastikan seluruh korban telah menerima bantuan. 

 

“Kami dari Kementerian BUMN akan bahu membahu meringankan beban warga korban bencana banjir. Saya akan pastikan semua bantuan tersalurkan dengan baik. Semua korban harus menerima bantuan ini," ujar Erick.

 

Dalam upaya penyaluran bantuan ini perlu dilakukan kerjasama dari semua pihak sehingga warga dapat memperoleh bantuan dengan mudah dan tak ada lagi keluhan terkait kendala penyaluran bantuan.

 

"Saya apresiasi kekompakan Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN, ini contoh sinergi bumn dengan melibatkan swasta dan stakeholder terkait yang sangat baik. Angkasa Pura II sebagai koordinator wilayah Tangerang proaktif dalam hal ini dan saya mengapresiasi kekompakan tim di posko ini," lanjut Erick.

 

Senada dengan pernyataan Menteri BUMN, Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN untuk Wilayah Tangerang telah menyalurkan sejumlah kebutuhan rumah tangga bagi warga yang masih berada di pengungsian. Selain itu juga terdapat pos pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan hadirnya bantuan tenaga kesehatan seperti dokter, ambulance serta Trauma Healing Center.


"Itulah kenapa kita perlu kordinasi dengan semua elemen, termasuk pemerintah Kabupaten Tangerang dan perangkatnya. Warga juga sudah menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki supaya musibah ini tidak terulang kembali seperti perbaikan tanggul dan bendungan, kebutuhan air bersih. Peralatan sekolah bagi anak-anak juga harus ada. Dapur umum juga sudah ditambah dan bisa menyiapkan 2.000 paket makanan. Yang penting kebersihannya dijaga," tutup Erick.

 

Sementara itu Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada BUMN yang telah membantu masyarakat Kabupaten Tangerang yang terkena musibah banjir di wilayah Teluknaga.

 

“Alhamdulillah saya bersyukur atas kepedulian dari BUMN, dan saya harap agar bantuan ini terdistribusi dengan baik, dan baiknya penyaluran bantuan terus berkoordinasi dengan kecamatan agar bisa terdistribusi dengan benar dan tepat sasaran,” tutur Sekda.

 

Ditemui di tempat yang sama, President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa bantuan Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN dapat mencakup 15.000 korban banjir. Adapun nilai bantuan yang sudah disalurkan hingga saat ini mencapai Rp 261 juta. 

 

“Sinergi antar BUMN mampu menjangkau 15.000 korban banjir dan segala bentuk bantuan akan kami catat dan kami update. Bantuan yang masuk bukan dari BUMN saja tapi banyak support juga dari komunitas dan asosiasi yg mengirim bantuan," ungkap Awaluddin.

 

Lebih lanjut, pihaknya juga telah melakukan tinjauan serta menyalurkan bantuan di wilayah lainnya seperti Bekasi dan rencananya juga akan berkunjung ke sekitaran Halim Perdanakusuma.

 

“Kami juga sudah bergerak sampai ke daerah Bekasi dan rencananya juga akan ke Halim. Kami akan terus update dan proaktif dalam menyalurkan bantuan ke beberapa daerah terdampak banjir. Kita juga sudah berkordinasi dengan tim trauma healing center. Mudah-mudahan kehadiran kami dapat meringankan beban warga dan harapannya kondisi dapat pulih secepatnya," tutup Awaluddin. 

 

Hingga kini, tercatat masih terdapat sekitar 2.000 warga yang mengungsi di Posko Pengungsian Teluk Naga dan secara keseluruhan tercatat warga yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Tangerang sebanyak 15.232 warga yang terdiri dari 5 Kecamatan yakni Bati Ceper, Cipondoh, Neglasari, Teluk Naga, dan Kosambi.